Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik dari PTSP Hingga E-Budgeting

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus berbenah untuk mematangkan Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2016 yang akan digelar di Bale Asri Pusdai Bandung, Jawa Barat 26 - 27 oktober 2016. Gelaran ini merupakan bagian dari implementasi kebijakan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan, pameran dan workshop ini bukan sekedar pameran biasa, karena akan mempertemukan inovator dengan instansi yang ingin mengembangkan inovasi. “Pameran dan workshop menyediakan 10 kluster inovasi sebagai objek pembelajaran,” ujarnya dalam rapat perkembangan Menyongsong penyelengggaraan forum nasional replikasi inovasi pelayanan publik di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (11/10). 

Kesepuluh Kluster tersebut adalah, pelayanan perijinan terpadu, kependudukan dan catatan sipil, pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan Samsat, pelayanan sosial dan pengentasan kemiskinan, pelayanan pengelolaan pengaduan, pelayanan kebersihan dan lingkungan hidup, pelayanan transparansi anggaran/e-budgeting, serta pelayanan perpustakaan dan arsip. 

Menurut Menteri, selain sebagai sarana pembelajaran dalam upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik forum ini sekaligus menunjukkan kepada masyarakat adanya upaya serius pemerintah dalam meningkatan kualitas pelayanan publik. 

Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa dalam kesempatan itu menungkapkan, forum ini akan menampilkan Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2014, 2015, dan 2016,. Selain itu akan dilakukan knowledge sharing inovasi pelayanan publik, coaching clinic, sosialisasi kompetisi inovasi pelayanan publik, serta bimbingan teknis pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional LAPOR ! – SP4N. (p/ab)